Manfaat Kemiri Untuk Kesehatan Rambut

Kemiri (Aleurites moluccanus) adalah buah dari pohon kemiri yang tumbuh di banyak daerah tropis seperti Indonesia.

Bentuk buahnya menyerupai kenari, sehingga banyak orang juga menyebutnya kenari Indonesia. Berbeda dengan kacang kenari, hazelnut tidak boleh dikonsumsi mentah karena beracun.

Kemiri harus terlebih dahulu diolah (direbus atau dibuat menjadi minyak) sehingga orang bisa merasakan manfaatnya, misalnya untuk memperkuat asma, penyakit pencernaan dan rambut.

Manfaat Kemiri Untuk Kesehatan Rambut

Secara umum, banyak lilin dibuat menjadi berbagai produk kesehatan. Minyak hazelnut sering digunakan untuk mengobati nyeri sendi, luka bakar, luka bakar, dan terbakar sinar matahari untuk meningkatkan kerja sistem kekebalan tubuh.

Manfaat minyak kemiri untuk rambut

Secara umum, banyak lilin dibuat menjadi berbagai produk kesehatan. Minyak kemiri sering digunakan untuk mengobati nyeri sendi, menyembuhkan luka bakar, luka bakar, dan terbakar sinar matahari untuk meningkatkan kerja sistem kekebalan tubuh.

Manfaat minyak kemiri untuk rambut dan kulit kepala juga banyak. Berikut ini beberapa di antaranya:

Mencegah rambut kering

Manfaat pertama dari minyak kemiri adalah melembabkan rambut karena kaya akan asam amino dan asam lemak esensial yang dapat menembus jauh ke dalam lapisan kulit kepala. Ini memungkinkan minyak kemiri membuat rambut terlihat sehat dan tidak kering.

Membuat rambut berkilau

Minyak hazelnut juga mengandung asam gamma-linoleat, yang dapat bertindak sebagai kondisioner alami untuk rambut. Fungsinya sama, yaitu mengembalikan kelembaban rambut agar rambut Anda terlihat berkilau.

Biarkan rambut tumbuh

Manfaat minyak kemiri untuk rambut juga bisa dirasakan oleh orang-orang yang menderita kerontokan atau kebotakan. Alasannya minyak kemiri memiliki sifat mencegah rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut baru.

Perkuat rambut

Minyak kemiri juga dapat digunakan sebagai masker rambut yang memperkuat rambut. Manfaat minyak kemiri untuk rambut masih terkait dengan kandungan asam linoleat dan linolenat dari minyak kemiri, yang mampu melapisi, memberi nutrisi dan melembabkan rambut, dan bahkan memperbaiki rambut bercabang.

Cegah ketombe

Kemampuan minyak kemiri untuk melembabkan tidak hanya menyehatkan kulit kepala tetapi juga dapat mencegah ketombe.

Mengatasi Gejala Psoriasis

Ketika kulit kepala kering, berbagai masalah kulit bisa terjadi. Salah satunya adalah psoriasis, yang ditandai dengan penampilan bersisik, kulit gatal dan rambut rontok. Untuk mengatasinya, Anda membutuhkan setidaknya kulit kepala pelembab yang dapat meredakan peradangan dan gatal pada saat yang bersamaan.

Minyak kemiri benar-benar dapat melakukan pekerjaannya. Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak kemiri hanya dapat meringankan gejala psoriasis sampai batas tertentu.

Cara membuat minyak kemiri untuk rambut

Minyak kemiri telah dijual di pasaran dengan berbagai merek. Namun, tidak ada salahnya jika Anda ingin melakukannya sendiri, terutama cara membuat minyak kemiri untuk rambut cukup mudah.

Satu-satunya bahan yang perlu Anda siapkan hanyalah hazelnut yang telah dikeluarkan dari cangkang (dapat dengan mudah dibeli di pasar). Semakin banyak kemiri yang Anda proses, semakin banyak minyak kemiri yang Anda hasilkan.

Berikut ini beberapa cara membuat minyak kemiri untuk rambut yang bisa Anda praktikkan di rumah:

Terbakar: Biji kemiri dibakar hitam dan kemudian dicampur atau dihancurkan dengan mortar sampai minyak keluar. Saring dengan saringan kawat atau kain bersih untuk memisahkan minyak dengan bubur lilin.

Panggang: Goreng biji kemiri hitam (masak dalam wajan tanpa minyak), lalu haluskan atau aduk sampai minyak dikeluarkan. Saring dengan saringan kawat atau kain bersih untuk memisahkan minyak dengan bubur lilin.

Dioven: Panaskan biji hazelnut di dalam oven hingga 15 menit, kemudian angkat dan biarkan pada suhu kamar. Hancurkan biji hazelnut dan taruh dalam gelas. Keringkan di bawah sinar matahari sampai minyak kemiri muncul (maksimal 2 minggu), lalu simpan di lemari es.

Tanpa pemanasan: Bersihkan biji hazelnut dapat diparut atau dicampur segera dengan mencampurkan sedikit air (sehingga mudah dicampur). Kemudian rebus campuran hazelnut dengan air untuk menghasilkan minyak hazelnut.

Kemiri, yang dipanaskan terlebih dahulu sebelum diparut, menghasilkan minyak kehitaman. Sementara itu, memproduksi minyak kacang tanpa memanaskannya akan memberikan garis bawah yang lebih jelas, tetapi jumlahnya akan lebih sedikit.

/body>