Langkah Pencegahan Agar Ikan Koi Tidak Mudah Sakit

Ikan koi sebenarnya merupakan jenis ikan hias yang sekarang ini sedang menjadi perbincangan,yang maan jenis ikan hias yang satu ini bukan tergolong jenis ikan baru yang ada di Indonesia,hanya saja waktu itu jenis ikan koi ini kalah populer bila dibandingkan dengan jenis mas koki.

Langkah Pencegahan Agar Ikan Koi Tidak Mudah Sakit

Keduanya jenis ikan hias ini sebenarnya masih merupakan kerabat dekat,hal ini dikarenakan masih tergolong kedalam famili yang sama yakni Cyprinidae. Ikan Koi (Cyprinus carpio) mempunyai ciri berkumis sedangkan jenis ikan mas koki tidak mempunyai kumis.

Baca Juga: List Terbaru Harga Ikan Koi Semua Jenis

Namun dengan melesatnya perkembangan zaman sekarang ini bahawa jenis ikan Koi ini berkembang dengan cukup pesat dan juga menjanjikan, karena sebagian besar sekarang petani ikan koi dan juga para hobiis yang ada di Indonesia sudah banyak yang membudidayakan ikan koi ini,baik dalam skala besar maupun skala kecil .Hal ini dikarenakan budidaya ikan Koi ini sangat mudah dilakukan dan juga mempunyai harga jual yang tinggi.

Meski sekarang ini ikan koi sudah cukup populer di berbagai wilayah khususnya di Indonesia, tapi tidak semua hobiis paham akan tentang perawatan serta budidaya ikan cantik ini,sebab tidak jarang mereka terkecoh dengan ikan mas yang mana jenis ikan konsumsi yang biasa di buat lauk. Hal ini memang sedikit agak repot, karena antara ikan mas lauk dengan ikan Koi kedua-duanya dari spesies Cyprinus carpio. Dan mungkin tidak bisa terlalu disalahkan benar apabila para hobiis (terutama pemula) menganggap bahwa koi adalah ikan mas lauk yang berwarna.

Pemeliharaan Dan Perawatan indukan ikan koi

Sebaiknya calon indukan ikan koi ini terlebih dahulu untuk dipelihara dalam wadah atau kolam khusus. Dengan kedalaman kolam setidaknya berkisar antara 100-150 cm, atau juga bisa lebih dalam lebih baik. 

Dalam hal kepadatan pada kolam juga harus sering diperhatikan terutama bagi breeder yang masih awam soal perbandingan kolam dan jumlah ikan yang akan dimasukkan kolam tersebut, kolam ikan koi yang bagus adalah dengan ukuran 4×5 meter  dan maksimal diisi dengan 20 ekor indukan betina atau juga bisa dengan 40 ekor indukan jantan. Hal ini dilakukan karena indukan betina biasanya cenderung lebih besar daripada indukan jantan.

Indukan ikan koi betina dan jantan dipelihara di kolam yang berbeda, hal ini berguna agar saat dipijahkan indukan ini  tidak perlu mengalami masa pemberokan lagi. Secara,garis besar pemeliharaan ikan koi di dalam kolam indukan sama saja dengan pemeliharaan ikan koi  yang ada di dalam kolam pembesaran.

Cara Memelihara Ikan Koi Agar Tidak Mudah Mati

Cara memelihara ikan koi dengan baik dan benar merupakan teknik yang banyak dicari oleh para pemelihara ikan koi khusus nya bagi pemula,agar ikan koi mereka tidak mudah mati. Setidaknya terdapat beberapa tahapan yang mana tahap ini memang harus anda perhatikan secara teliti dalam mengatasi problem tentang penyakit yang berujung pada kematian pada ikan koi.

Yang mana jenis ikan koi ini adalah salah satu jenis ikan hias yang tentu saja merupakan ikan hias yang mempunyai fisik serta daya tahan tubuh yang kerap sekali terkena beragam jenis penyakit dan tergolong jenis ikan hias yang mudah mati.

Penyebab kematian ikan koi ini disinyalir oleh beberapa faktor penting,yakni ukuranya yang masih kecil dan ketika beranjak dewasa mempunyai kondisi fisik yang tidak begitu sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.