Luar Biasa Sosok Kepala Desa Belajar dari Mendaki Gunung

Desa Titik Kecamatan Semen Kabupaten Kediri, saat ini dipimpin oleh Didik Triono. Ya, laki-laki kelahiran April 1973 ini merupakan sosok yang menggemari dunia outdoor seperti mendaki gunung. Latar belakang tempat tinggal diwilayah dataran tinggi merupakan salah satu ketertarikannya menghirup udara di kawasan pegunungan.

“Beda, kalau kita tertarik dengan suasana gunung. Kita Sadar butuh alam,” terangnya sambil menghirup udara sekitar rumahnya. Ayah dua anak ini juga menceritakan bila dari sanalah ia mempelajari cara menghargai karakter warga hingga hambatan yang dirasakan dalam memerintah Desa Titik. “Sebelum sampai puncak, kita ketemu warga sekitar kaki gunung. Pasti disana ada interaksi sosial terbangun antara pendaki dengan  penduduk,” ujarnya saat ditemui Jawa Pos Radar Kediri.

Didik mulai menggemari hobi mendaki gunung sejak ia duduk dibangku SMA (Sekolah Menengah Atas). “Biasanya selalu diagendakan mendaki gunung sama teman-teman pecinta alam,” ujarnya. Juga ia akui bila hobi yang cenderung mahal juga membawa dampak yang mahal pula bagi kehidupan mendatang, salah satunya seperti menjadi orang nomor satu didesanya. “Untuk mencapai puncak dakian, perjuangannya tidak mudah. Walaupun sudah mendaki berkali-kali,” ungkapnya. Didik jelaskan bila pendakian ia kaitkan dengan amanah menjadi kepala desa, untuk bisa menjalankan amanah harus bersedia salah dan gagal. “Puncak dari pendakian adalah ujung gunung. Puncak kepala desa adalah amanah,” begitulah yang disampaikan laki-laki 35 tahun ini.

Baca juga nih Cara Memelihara Ikan Koi

Laki-laki yang sudah pernah mendaki Gunung Bromo, Gunung Semeru dan gunung-gunung lain di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah ini membawa kisahnya dalam mendaki ke dalam kehidupannya sehari-hari sebagai warga sekaligus kepala desa. “Untuk mencapai puncak, kita juga harus saling tolong menolong, saling menghargai. Agar bisa sampai puncak sama-sama,” ucapnya. Ia juga mengakui bila kecintaanya terhadap alam ia ajarkan ke anak-anaknya sejak masih kecil. (c2)

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

/body>